Mencegah Gigi Berlubang


Hari Minggu (29/3/2015), saya pergi ke dokter gigi. Seumur-umur, ini kali pertama saya periksa gigi. Setelah sebelumnya saya merasa baik-baik saja dengan gigi saya.

Berhubung sudah sejak beberapa minggu yang lalu sakit gigi, dan kelihatannya juga berlubang, mau tidak mau harus nyamperin dokter gigi. Sampai di tempat praktek dokter, saya masih rada tenang. Karena gigi saya tidak berasa sakit dan kelihatannya dokter juga menyenangkan.
Tapi saat dibersihakan, saya rasanya pengen maki-maki tuh dokter. Nyeri, tetap dipaksa. Tidak menggubris muka saya yang kesakitan. Ngilunya bukan main. Ampun ampunan deh, pokoknya. Baru tau kalau dibersihkan saja rasanya sudah tidak karuan.

Menurut dokternya, lubang giginya sudah terlalu dalam. Jadi memang sangat sakit. Karang giginya pun juga sudah sangat tebal, jadi harus dibersihkan juga.

Dan minggu kemarin itu, gigi saya baru ditambal untuk sementara. Minggu depan diminta balik lagi. Trauma ? iya. Tapi lebih trauma kalau sakit gigi, trus sama dokter di bersihkan, dan rasanya seperti kemarin itu. 

Sambil melakukan tindakan, dokternya nggak berhenti ngoceh ke sana ke mari. Dan saya diberi tips biar giginya tidak berlubang. Tipsnya cuma satu...

Gosoklah gigi sebelum tidur dan sesudah makan.

Itu yang paling penting !

Perlengkapan persiapan tidur
Mau makan apa saja, mau gosok gigi sehari seribu kali ( ekstrim banget ya ?) kalau tidak melakukan tips di atas itu, dijamin gigi beerlubang akan mengintai hidup anda. Camkan itu!

Tipsnya cuma sebaris kalimat, tapi justru itulah yang paling penting dari sekian banyak tips menghindari gigi berlubang.


Saat dokternya melihat gigi anakku, beliu langsung melengos pada saya. "Emaknya yang harus di edukasi dulu!" Hahaha...

Iya deh, ngaku. Memang selama ini saya paling males kalau sebelum tidur harus gosok gigi dulu. Selain basah semua, ujung ujungnya pasti pada mandi. Udah pasti ribet. Dan sejak kecilpun, saya tidak dibiasakan menggosok gigi dulu sebelum tidur. 

Nah, mulai sekarang saya udah sadar. Berhubung ke dokter gigi itu sakit, apalagi kalau sudah berlubang. Ditambah lagi juga mahal. Maka lebih baik mencegah dari pada keluar duit.

Jadi, ritual yang harus dibiasakan sejak saat ini adalah, gosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan.

kalau kamu, sebelum tidur gosok gigi dulu nggak?

komentar yuk.........


Komentar

Postingan Populer