Langsung ke konten utama

Apa Itu Blogwalking?


Foto: www.Auliatravelmedan.com

Bagi blogger yang sudah lama terjun di dunia blog, blogwalking tentu bukanlah hal yang asing lagi. Tapi bagi para blogger pemula, blogwalking adalah sesuatu hal yang baru. Sampai-sampai, kadang pada bingung. Bogwalking itu ngapain aja sih?

Blogwalking bagi sebagian para blogging sering disebut dengan istilah BW. Adalah salah satu aktivitas seorang blogger berkunjung ke blog lain dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai ajang perkenalan untuk blognya.

Jadi blogwalking itu baca postingan di blog orang lain trus komentar gitulah, intinya. Kenapa harus komentar?

Ya biar pemilik blog yang kita kunjungi tau, siapa saja para pengunjung blognya. Blog siapa saja yang sudah beerduyun-duyun datang ke "rumah"nya.

Emang kalau nggak komentar kenapa?

Kalau kita nggak komentar, tentu pemilik blog nggak akan tau kalau kita sudah berkunjung ke blognya. Karena biasanya, kalau kita komentar, link URL blog atau google plus kita secara otomatis akan ada di kolom komentar. Dan biasanya, para blogger yang baik hati dan tidak sombong akan melakukan kunjungan balik pada blog-blog yang sudah meninggalkan komentar di postingannya. Jadi jatuhnya nanti, bisa saling kunjung mengunjungi. Kalau sering berkunjung, biasanya trus semakin kenal, kenal dan kadang malah bisa sampai akrab banget.

Nah, di situlah tujuan silaturahmi tercapai.

Selain sebagai ajang silaturahmi, saya sendiri melakukan blogwalking dengan tujuan untuk mencari inspirasi. Iya, mencari inspirasi tulisan. Kadang dengan membaca blog orang lain, saya jadi kepengen nulis tema tertentu yang mungkin saya kuasai. Jadi pengen membahas hal-hal yang diulas blogger teman versi diri kita sendiri. Ini sangat membantu sekali lho, kalau lagi mentok anggak ada ide buat nulis.

Jadi keuntungannya dobel kan ya?

Selain sebagai ajang silaturahmi dan mencari ide tulisan, blogwalking juga dijadikan alat untuk menaikkan trafik agar page view blog semakin meningkat, dan makin banyak yang kenal blog kita juga. Semakin tinggi page view, semakin gampang juga muncul di mesin pencari google.

Kadang kalau saya lagi nyari sesuatu di google, pas search trus yang keluar blog kita sendiri itu rasanya sesuatu banget.

Namanya blogger pemula, seneng banget kan, kalau ada yang baca tulisannya. Malah kadang, tiap beberapa menit sekali diliatin page viewnya. Yang baca udah nambah belum ya? kalau yang kayak gitu sih, saya. hahaha

Jadi bisa dikatakan, blogwalking itu penting sekali untuk para blogger pemula. Jadi setiap selesai baca postingan  sebaiknya tinggalkan jejak di kolom komentar. 

Dalam hal berkomentar pun, sebaiknya kita juga harus dengan komentar yang sopan dan sesuai dengan isi postingan. Jangan sekedar, "mantap gan", "kereen", dsb. Karena komentar yang unik, bisa juga menarik para komentar lain untuk datang berkunjung ke blog kita.

Sedangkan komentar-komentar buruk, melecehkan, menghina, mengadu domba, kadang justru dihapus oleh pemilik blog yang kita kunjungi, atau malah ditandai sebagai spam dan nggak diterbitkan jika komentarnya dimoderasi. ujung-ujungnya kita sendiri yang rugi, kan?

Jadi, berkomentarlah yang sopan di blog orang lain. Juga jangan minta dikunjungi balik, ya. Karena kesannya, kayak kita nggak ikhlas gitu, udah komentar. hehe

Gimana? Sekarang udah ngerti kan, blogwalking itu apa? mau nyoba blogwalking sebanyak-banyaknya?

Di Estrilook Comunity lagi ada blogwalking chalenge lho...mulainya hari ini. Yang mau ikutan, segera daftar ya...pesertanya dibatesin soalnya:D









Komentar

  1. Ya blogwalking itu walking-walking ke.blog temen..tapi kadang ada teman yg ngepost link trus bilang.drop link.kalian nanti aku bw balik lalu tinggal janji ya sudah.kita maafkan saja hahaha

    BalasHapus
  2. Senang dan pasti banyak manfaatnya Blogwalking tuh..
    pastinya dapat membaca berbagai macam informasi dan hiburan plus dapat teman baru

    BalasHapus
  3. Sip, BW bisa nambah silaturahmi juga, ya.

    BalasHapus
  4. banyak manfaat dari BW ya mbak...

    BalasHapus
  5. dulu waktu awal2 blogging saya cuma buka blog orang aja. udah dibuka, dibaca, tapi gak komen. Ya gimana orangnya tahu kalau saya kunjungi. Abis ikut kelas blog jadi ngeh kalo blogwalking itu ya yang mbak jelaskan ini. hehehe...

    BalasHapus
  6. Setiap blogwalking aku usahakan selalu komentar mba. Karena kadang ngerasa kurang, habis baca tapi tidak mengapresiasi dengan sebuah komentar. Insyallah komentarnya juga yang baik-baik. :D

    BalasHapus
  7. BW buatku kalaundo dunia nyata itu ibarar ngobrol sama tetangga dg tujuan kebaikan
    Xixixi

    BalasHapus
  8. BW, oh...BW. (B) erkunjung (W) alau sesaat [jadi makin dekat]

    BalasHapus
  9. Saya baru belajar blog walking. Seru juga sih banyak dapet ilmu. Baru tau juga kalo tampilan kolom komentarnya beda-beda.Tulisan Mbak Sulis pas banget dengan tema hari ini.

    BalasHapus
  10. BW udah kayak komen di FB ya. Gampang hehehe

    BalasHapus
  11. Betul banget, bw memang bermanfaat... Terutama bagi yang newbie banyak pelajaran dari membaca blog lain

    BalasHapus
  12. yess, blogwalking adalah sarana silahturahmi dan juga belajar dari penulis-penulis lain

    BalasHapus
  13. Baru pertama kali ikut BW, seneng banget baca tulisan teman" yang bagus" plus blognya cantik" semua, jadi semangat nyalon kan blogku biar tambah cantik dan semangat buat terus nulis

    BalasHapus
  14. akuh sudah banyak walking-walking di blog orang mbaa, di sini juga. yang pasti manfaat banget, wawasan jadi luas karna banyak informasi.

    BalasHapus
  15. BW ini semacam silaturahim ya mbak. Sebagai blogger pemula BW ini sangat bermanfaat buat saya.

    BalasHapus
  16. Memang BW selain silahturahmi juga jadi ide dari tulisan dari blog lain ya, Mba.

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Postingan populer dari blog ini

Gigi Sudah Dicabut Tapi Masih Sakit

Gak punya foto dokter giginya. Adanya foto botol isi air garam buat kumur-kumur saat tindakan Selama pandemi ini, saya sering banget sakit gigi. Bentar-bentar sakit gigi, bentar-bentar ke dokter gigi. Padahal, ke dokter gigi dalam situasi seperti ini horor banget. apalagi kalau tempat dokter gigi langganan kena zona merah. Mau ke rumah sakit juga tambah takut. Masalah gigi ini sebenernya sudah lama banget. Tapi baru sekarang-sekarang ini aja bener parahnya. Disebabkan gigi geraham belakang bolong, trus lubangnya semakin lebar nggak karuan.  Sering sekali saya minta cabut aja sama dokter gigi. Tapi dokter gigi yang saya datangi seringnya menolak. Alasannya, tensi saya 130/90. Jadi kalau mau cabut gigi harus ke rumah sakit dulu, ke dokter penyakit dalam untuk cek segala sesuatunya sekaligus menurunkan tensi. Ujung-ujungnya ya ke rumah sakit dulu. Berhubung saya masih belum berani ke rumah sakit. Apalagi harus periksa gigi, harus cek ini itu, akhirnya acara cabut gigi batal terus. Daaaan.

Trip Sukabumi #Museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan

Kemarin, saat kami berkunjung ke Sukabumi mengikuti kaki melnagkah dan nggak tau mau melangkah ke mana lagi, akhirnya ada informasi katanya di Parung kuda ada sebuah museum. Museumnya bernama museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan. Dari luar, kami sama sekali nggak mengira kalau di dalam sebuah area yang ada patung gedenya itu ada museum tersembunyi. Saat kami mau masuk pun, bingung mau masuk lewat mana. Ada beberapa anak berseragam sekolah yang mlipir mlipir di dekat pagar. Ketika kami dekati, ternyata itu bukan  jalan masuk utama. Hanya jalan kecil buat lewat satu oarang yang suempit banget. Setelah muterin wilayah berpagar itu, kami akhirnya bertemu dengan seorang bapak dan ditunjukinlah ke mana kami harus masuk. Mendekati pintu gerbang utama, banyak anak sekolah yang lagi nongkrong. Eh, ngomong-ngomong pintu gerbang...pintu gerbang masuknya ternyata udah nggak layak banget. Seperti mau roboh dan susah dibuka #ngenes Saat kami masuk nggak ada satupun yang menyambut #eaa

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Waktu pertama kali dengar nama kampung turis, bayangan yang terlintas di benak adalah sebuah kampung yang banyak turisnya. Atau...sebuah tempat yang isinya menjual aneka jajanan berbau asing. Kayak di kampung cina, yang isinya macam-macam barang yang berbau kecinaan. Tapi ternyata saya salah. Kampung turis ternyata sebuah resto(tempat makan), tempat ngumpul bareng, tempat renang, tempat main anak, sekaligus tempat nginep. Bahasa gaulnya, Resort and Waterpark. Kampung Turis berlokasi di Kp. Parakan, desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru-Loji, kab Karawang, Jawa barat. Jadi ceritanya, minggu pagi itu rencananya kami sekeluarga mau ke curug Cigentis. Di daerah Loji juga. Tapi berhubung pagi itu, saat mau berangkat mobil ngambek jadilah kami nunggu mobil pulang dari bengkel. Pulang dari bengkel sudah jam 11 siang. Kalau nggak jadi berangkat rasanya galau banget, kalau berangkat sepertinya tidak memungkinkan karena perjalanan dari rumah ke Loji saja sudah 2 jam. Kalau mau nekat ke curu