Langsung ke konten utama

#Jalan-jalan Purwakarta : Seharian di Cikao (1)



Seminggu sebelum kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Purwakarta ini, sebenernya kami sudah berencana pergi ke suatu kolam renang di dekat-dekat rumah. Tapi waktu itu, takdir berkata lain. Karena ternyata pas udah mau sampai ke kolam renangnya, baru nyadar kalau tasnya ketinggalan. hahaha. Emang sungguh kejadian langka#hiks

Anak-anak yang sudah semangat banget buat berenang akhirnya kandas juga. Mau ngambek udah kejadian, tapi nggak ngambek sangat mengecewakan. Tapi sebenernya saya malah justru bersyukur karena waktu itu saya emang lagi malas-malasan buat main air. Pengennya tiduran aja di rumah.

Nah, seminggu kemudian, berawal dari sebuah postingan teman yang anaknya pergi ke Cikao di Purwakarta, akhirnya saya kepoin tempat itu. Awalnya agak ragu, takut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Secara sudah menempuh jarak puluhan kilometer, trus cuma gitu doang kan jadinya nyesek. Tapi berhubung anak-anak sudah minta pergi, ya sudah, kami akhirnya berangkat juga.

Kami berangkat dari rumah udah agak siang, sekitar pukul 06.30. Masih pake acara mampir-mampir sarapan juga. Eh, nyampe tol malah macet karena ada pembangunan jalan. Sampai Purwakarta udah jam sembilanan. Mataharinya udah panas banget.

Kami ke sana dipandu sama google map. Dan alhamdulillah, untuk perjalanan kali ini nggak perlu ada drama tersesat di hutan karena google map nya lagi baik hati. Padahal jalannya nggak lempeng aja lho. Sebuah prestasi banget ini, penting untuk dijelaskan. Hahaha. Cuma pas lewat jalan masuk ke tempatnya itu, agak-agak sepi dan gersang. Kayak bukan area perumahan. Seperti kawasan industri dan rumahnya jarang-jarang.

Nyampe di sana, kami udah mulai patah hati. Secara, pas masuk pintu gerbangnya kelihatan banget gersang dan agak kumuh banyak sampah di mana-mana. Meskipun ada kamar mandi yang bersih banget. Apalagi banyak mobil yang parkir waktu itu. Ada rombongan bis juga. Alamat bakalan rame aja kayak cendol kalau berenang.

Tapi ternyata, Cikao itu luas, nggak cuma kolam renang aja. Tapi juga ada Taman Satwa dan Rumah Ilusi yang jadi andalannya. Bayarnya tiap tempat beda. Biaya masuk pintu gerbangnya aja sebesar Rp.20.000/ orang. Itu sudah dapet bonus sebotol air mineral. Lumayanlah, mengurangi biaya beli air.

Beberapa waktu kami cuma muter-muter aja di sekitaran parkiran. Tempatnya bagus untuk foto-foto. Lokasinya berada di pinggir sungai. Dan yang bikin cantik, ada batu-batu yang di cat dipinggir sungainya.

Ini baru satu foto, foto selfie sama batu yang lainnya masih banyak:D



Ada tempat makan juga kalau mau nyoba makan. Dan...ternyata ada semacam tempat juga buat ngumpul. Tempatnya bersih, luas pula. Kalau ada acara kumpul-kumpul bisa dipakai gratis.


Di belakang Shabira itu ada semacam saung yang luas banget buat acara kumpul-kumpul. Kemarin ada rombongan ibu-ibu juga yang makan-makan di sana. Makanannya bawa sendiri dari rumah. Ya kalau malu sama penjual yang ada di dekat-dekat situ, bolehlah jajan dikit. Hahahah

Tapi lama-lama kami bosen karena cuacanya panas banget. Jadi kami memutuskan untuk masuk ke kebun binatangnya dulu. Karena pas awal-awal, saya lihat kebun binatangnya lumayan sepi. Waktu nanya ke mbak loketnya langsung gedubrak deh, karena ternyata tiket masuknya 40rb per orang. Wadidaw...emak jadi mulai bimbang.

Masuk nggak....masuk nggak...bayar tiket 40rb itu mahal amit ya. Hahaha. Tapi dengan bujukan maut suami, akhirnya kami memutuskan masuk. Blogger harus modal buat bahan postingan.

Tapi syukur Alhamdulillah, di dalam kebun binatangnya itu bagus banget. Bersih dan nyaman sekali. Bisa buat ngampar di lantai. Binatangnya juga unik-unik belum pernah kami lihat sebelumnya. Kebanyakan di sini binatangnya kecil-kecil di dalam kandang. Tempatnya beneran bersih karena full karpet rumput. Binatangnya juga nggak kumuh.

Ada rumah Hobbit juga buat foto-foto. Di samping-samping rumah hobbit itu banyak spot bagus buat foto. Puas-puasin deh, sampe kameranya pecah. wkwkwkw





Waktu kami masuk ke sana, sepi banget nggak ada orang. Mau foto jungkir balik juga gak ada yang gangguin. Mau duduk di kursi, atau lesehan juga nyaman. Mungkin memang karena kami kepagian jadi masih sepi. Karena denger-denger, setelah makan siang bakalan ada rombongan berjumlah ratusan yang mau masuk.

Cuma sayangnya, tempat burungnya kumuh dan gersang. Burungnya juga gak terlalu banyak. Dan di tempat burung juga gak dikasih karpet, hanya tempat duduk aja yang banyak. Andaikan tempatnya bersih dan burungnya banyak, pasti lebih kece.

Area burung yang banyak kursinya.

Tapi kalau saya yang menilai secara keseluruhan cukup bagus lah ya. Banyak ijo-ijonya meskipun dikasih karpet rumput.

Di tempat burung itu ada burung ontanya. Tapi sepertinya dia lagi Sutris karena lari-larian terus. Atau emang dianya kayak gitu?





Nah, kalau boleh usul nih ya, kali aja pengelolanya baca tulisan ini, di area burung mbok ya dikasih lebih banyak burung lagi jangan cuma ayam sama bebek. Burung apa kek yang warna-warni biar makin cerah ceria dan rame. Karena ya, sayang banget. Tempatnya luas, tertata tapi isinya cuma sedikit.

Karena kalau isinya banyak, anak-anak pasti jadi tambah seneng. Kalau anak seneng orang tua juga seneng juga kan ngeluarin duit buat bayar tiket #perhitungan.

Saya kadang sering ngerasa sedih, kalau ada tempat yang bagus tapi cuma dianggurin aja. Kan jadinya mubazir. Dan kemungkinan besar disalahgunakan untuk orang yang tidak bertanggung jawab#hmm.

Jadwalin juga jam berapa mau ngasih makan hewan peliharaannya. Karena ini juga bisa jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung khususnya anak-anak.

Kemarin, kami sempet juga ketemu sama mas-mas yang ngasih makan para binatang trus kami tanya-tanyain. Anak-anak jadi tau jenis binatangnya secara detail. Mas-mas nya baik banget mau cerita tentang binatangnya. Asal jangan pas ngasih makan ular aja.

Tapi kemarin, ular kecilnya sempet ditunjukin ke anak-anak. Katanya nggak berbahaya. Karena memang masih kecil banget. Tapi saya, meskipun tidak berbahaya langsung ngacir. karena emak takut dikutuk jadi penari nggak bisa pulang kampung. Hahaha

Nah, buat temen-temen yang pada mau datang ke sini, tips saya cuma satu, bawa uang cash banyak karena nggak ada ATM dan nggak bisa pakai kartu debit. Ngeselin banget kan, kalau udah nyampe ke sana ternyata duitnya kurang. hahaha.

Trus... satu lagi, jangan lupa bawa HP yang ada kameranya. Yang hobi selfie hati-hati jangan sampai kameranya pecah. wkwkwk.

Ngomong-ngomong, tadi katanya mau ke kolam renang, mana cerita kolam renangnya??

O, iya, Untuk cerita ke kolam renangnya saya buat postingan terpisah ya. Maklum, emak udah lama nggak ngeblog jadi grogian mau edit foto:D

Ini aja butuh berjam-jam buat ngedit nya 😭

Cerita ke Waterpark nya ada di sini : #Jalan-jalan Purwakarta : Seharian di Cikoa ( 2 )

Cerita ke Rumah Ilusi ada di sini : #Jalan-jalan Purwakarta : Seharian di Cikoa ( 3 )










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gigi Sudah Dicabut Tapi Masih Sakit

Gak punya foto dokter giginya. Adanya foto botol isi air garam buat kumur-kumur saat tindakan Selama pandemi ini, saya sering banget sakit gigi. Bentar-bentar sakit gigi, bentar-bentar ke dokter gigi. Padahal, ke dokter gigi dalam situasi seperti ini horor banget. apalagi kalau tempat dokter gigi langganan kena zona merah. Mau ke rumah sakit juga tambah takut. Masalah gigi ini sebenernya sudah lama banget. Tapi baru sekarang-sekarang ini aja bener parahnya. Disebabkan gigi geraham belakang bolong, trus lubangnya semakin lebar nggak karuan.  Sering sekali saya minta cabut aja sama dokter gigi. Tapi dokter gigi yang saya datangi seringnya menolak. Alasannya, tensi saya 130/90. Jadi kalau mau cabut gigi harus ke rumah sakit dulu, ke dokter penyakit dalam untuk cek segala sesuatunya sekaligus menurunkan tensi. Ujung-ujungnya ya ke rumah sakit dulu. Berhubung saya masih belum berani ke rumah sakit. Apalagi harus periksa gigi, harus cek ini itu, akhirnya acara cabut gigi batal terus. Daaaan.

Trip Sukabumi #Museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan

Kemarin, saat kami berkunjung ke Sukabumi mengikuti kaki melnagkah dan nggak tau mau melangkah ke mana lagi, akhirnya ada informasi katanya di Parung kuda ada sebuah museum. Museumnya bernama museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan. Dari luar, kami sama sekali nggak mengira kalau di dalam sebuah area yang ada patung gedenya itu ada museum tersembunyi. Saat kami mau masuk pun, bingung mau masuk lewat mana. Ada beberapa anak berseragam sekolah yang mlipir mlipir di dekat pagar. Ketika kami dekati, ternyata itu bukan  jalan masuk utama. Hanya jalan kecil buat lewat satu oarang yang suempit banget. Setelah muterin wilayah berpagar itu, kami akhirnya bertemu dengan seorang bapak dan ditunjukinlah ke mana kami harus masuk. Mendekati pintu gerbang utama, banyak anak sekolah yang lagi nongkrong. Eh, ngomong-ngomong pintu gerbang...pintu gerbang masuknya ternyata udah nggak layak banget. Seperti mau roboh dan susah dibuka #ngenes Saat kami masuk nggak ada satupun yang menyambut #eaa

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Waktu pertama kali dengar nama kampung turis, bayangan yang terlintas di benak adalah sebuah kampung yang banyak turisnya. Atau...sebuah tempat yang isinya menjual aneka jajanan berbau asing. Kayak di kampung cina, yang isinya macam-macam barang yang berbau kecinaan. Tapi ternyata saya salah. Kampung turis ternyata sebuah resto(tempat makan), tempat ngumpul bareng, tempat renang, tempat main anak, sekaligus tempat nginep. Bahasa gaulnya, Resort and Waterpark. Kampung Turis berlokasi di Kp. Parakan, desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru-Loji, kab Karawang, Jawa barat. Jadi ceritanya, minggu pagi itu rencananya kami sekeluarga mau ke curug Cigentis. Di daerah Loji juga. Tapi berhubung pagi itu, saat mau berangkat mobil ngambek jadilah kami nunggu mobil pulang dari bengkel. Pulang dari bengkel sudah jam 11 siang. Kalau nggak jadi berangkat rasanya galau banget, kalau berangkat sepertinya tidak memungkinkan karena perjalanan dari rumah ke Loji saja sudah 2 jam. Kalau mau nekat ke curu