Langsung ke konten utama

Stop Media Sosial atau Ganti Teman


Bagi orang-orang yang mengenal dekat saya, entah sering nongkrongin blog ini atau karena sering merhatiin status saya di fb, pasti pada tahu kalau akhir-akhir ini saya jarang nongol keluar. Jarang nyetatus, jarang nge like, jarang komentar juga. Padahal sebelumnya, hampir tiap hari saya buka fb. Dan paling tidak, pasti saya koment, share, atau like ke beberapa teman yang statusnya lucu dan unik.

Ya, status lucu. Saya seneng banget kalau ada yang nyetatus bikin senyum, ketawa. Lucu tapi tidak menyinggung orang lain. Begituah...

Tapi sebulan yang lalu itu, tiba-tiba timeline saya gaduh. Ruame banget kayak lagi ada jambret di pasar. Fomo lewat, ganti mamamiah di rumah dan kerja kantoran, sampai bom meledak, trus pada ngributin polisi ganteng ganteng kurcaci, trus nantangin semua orang kami tidak takut. Walah...

Kayaknya semua berubah jadi singa mengaum. Aumannya dikenceng-kencengin biar pada denger. Sebenernya itu nggak jadi masalah sih, buat saya pribadi setiap orang punya hak nyetatus. Yang bermasalah justru diri saya sendiri. Setiap kali buka fb, baca status mereka langsung gatel pengen koment. Pengen ikutan ngomong, tapi trus tak tahan. Karena di pundak saya ada harga diri seseorang yang begitu penting yang harus tetap saya tinggikan.

Harga diri siapa? harga diri suami.

Ah, konyol! masak fb kan aja pakai bawa-bawa harga diri suami segala. Harus dong...karena sebagai seorang istri, status saya, koment saya, siapa tau dibaca oleh kenalan suami. Kalau kenalan suami itu tiba-tiba liat status saya nyinyir, atau koment saya ngebully orang lain trus gimana?

Sebagai seorang istri yang ingin dicintai dan disayangi suami sampai ajal menjemput, sudah  pasti harga diri suami menjadi prioritas yang pertama dan utama #uhuuk

Kembali ke facebook.
Untuk itu akhirnya saya memutuskan berhenti sementara dari dunia perfacebookan. Karena saya mereasa, kepala saya jadi makin rame kalau tiap hari baca status yang hebohnya super duper amit-amit.

Tapi yang namanya sudah kebiasaan, nggak bisa dihilangkan begitu saja. Nggak buka fb sehari rasaya ada yang kurang. Kurang informasi update gitu. Tapi tetap saya tidak mau buka fb saya.
Sebagai gantinya, kemudian saya buka fb akun suami. Di akun pangeran abal-abal, ternyata nggak seheboh akun saya. Di akunnya malah seru, lucu-lucuan, nggak ada yang nyetatus nyinyir sampai ngebully si a si b.

Heran...

Facebook nya anteng. Nggak ada yang ribut nge-bully orang. Kalaupun ada yang nyetatus nyinyir, nggak ada yang komentar aneh-aneh. Paling banter komentarnya, "Woles brooo...nggak usah dipikirin"

Apa karena isinya kebanyakan ibu-ibu itu ya, fb ku jadi ruame banget kayak pasar?

Entahlah...tapi begitulah kenyataannya. Timeline pangeran abal-abal lebih adem dan menyejukkan.

Dua minggu nggak buka fb ternyata saya dapatkan beberapa keuntuungan. Diantaranya adalah rumah jadi bersih rapi karena lebih fokus beres-beres, beberapa buku yang dibeli trus dianggurin sudah berkurang, nggak cepat marah karena kepala tidak terlalu ramai.

Nggak tau kenapa, kepala saya itu kadang ramai banget kalau kebanyakan baca status. Apalagi baca status orang yang sadis sengit.

Sampai saya buat daftar keuntungan apa aja kalau saya nggak fb kan. Setelah ditimbang, dipikirkan, ternyata fb terlalu buruk untuk hidup saya. Kemudian bertanya-tanya,

"Apakah akun fb ku harus ditutup?"

Kalau dituup, sayang banget. Bagaimanapun juga, masih ada beberapa teman yang baik, nggak nyinyir dan memberi hawa positif.

Atau ganti teman?

Unfriend teman-teman yang suka nyinyir, kompor, dan para biang heboh.

Atau kayak pangeran abal-abal yang fb nya hanya berisikan orang-orang yang ia kenal dekat saja?

Atau gimana? Ada saran mungkin?


Komentar

  1. Betul, saya aja takut, FB sekarang galak2 kayak mau nerkam orang aja. Belum lagi kalau satu nyolot, se gank nyolot semua. Takut kepancing & dosa. Pertamanya kaget2 sih, apalagi teman2 muslimah yg seharusnya bertutur kata lembut. Sayangnya saya banyak kerjaan disana. Solusinya saya batesi banget, cuma buka kalau kebetulan sekalian kerja di depan laptop. Aplikasi di hp sudah sy delete. Terus yg sering nyinyir gak jelas aku unfollow supaya tidak muncul di newsfeed tp tetep friend. Jadi adem deh. Hati nggak panas & nggak kepikiran ucapan2 yg pedes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, aku malah baru kepikiran delet aplikasi fb di hp. mau unfriend ntar dikirain sombong. akhir2 ini ada tuh, yang setiap aku nyetatus di koment negatif. padahal ya, aku nyetatusnya udah tak pikirin matang2, dua hari dua malam, biar nggak nyinggung orang.

      Hapus
  2. kalau aq cukup mainkan tombol unfollow mak di fb, kita aman gak liat yg negatif2, tp ttp aman dr tuduhan memutus silaturahmi

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Postingan populer dari blog ini

Gigi Sudah Dicabut Tapi Masih Sakit

Gak punya foto dokter giginya. Adanya foto botol isi air garam buat kumur-kumur saat tindakan Selama pandemi ini, saya sering banget sakit gigi. Bentar-bentar sakit gigi, bentar-bentar ke dokter gigi. Padahal, ke dokter gigi dalam situasi seperti ini horor banget. apalagi kalau tempat dokter gigi langganan kena zona merah. Mau ke rumah sakit juga tambah takut. Masalah gigi ini sebenernya sudah lama banget. Tapi baru sekarang-sekarang ini aja bener parahnya. Disebabkan gigi geraham belakang bolong, trus lubangnya semakin lebar nggak karuan.  Sering sekali saya minta cabut aja sama dokter gigi. Tapi dokter gigi yang saya datangi seringnya menolak. Alasannya, tensi saya 130/90. Jadi kalau mau cabut gigi harus ke rumah sakit dulu, ke dokter penyakit dalam untuk cek segala sesuatunya sekaligus menurunkan tensi. Ujung-ujungnya ya ke rumah sakit dulu. Berhubung saya masih belum berani ke rumah sakit. Apalagi harus periksa gigi, harus cek ini itu, akhirnya acara cabut gigi batal terus. Daaaan.

Trip Sukabumi #Museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan

Kemarin, saat kami berkunjung ke Sukabumi mengikuti kaki melnagkah dan nggak tau mau melangkah ke mana lagi, akhirnya ada informasi katanya di Parung kuda ada sebuah museum. Museumnya bernama museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan. Dari luar, kami sama sekali nggak mengira kalau di dalam sebuah area yang ada patung gedenya itu ada museum tersembunyi. Saat kami mau masuk pun, bingung mau masuk lewat mana. Ada beberapa anak berseragam sekolah yang mlipir mlipir di dekat pagar. Ketika kami dekati, ternyata itu bukan  jalan masuk utama. Hanya jalan kecil buat lewat satu oarang yang suempit banget. Setelah muterin wilayah berpagar itu, kami akhirnya bertemu dengan seorang bapak dan ditunjukinlah ke mana kami harus masuk. Mendekati pintu gerbang utama, banyak anak sekolah yang lagi nongkrong. Eh, ngomong-ngomong pintu gerbang...pintu gerbang masuknya ternyata udah nggak layak banget. Seperti mau roboh dan susah dibuka #ngenes Saat kami masuk nggak ada satupun yang menyambut #eaa

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Waktu pertama kali dengar nama kampung turis, bayangan yang terlintas di benak adalah sebuah kampung yang banyak turisnya. Atau...sebuah tempat yang isinya menjual aneka jajanan berbau asing. Kayak di kampung cina, yang isinya macam-macam barang yang berbau kecinaan. Tapi ternyata saya salah. Kampung turis ternyata sebuah resto(tempat makan), tempat ngumpul bareng, tempat renang, tempat main anak, sekaligus tempat nginep. Bahasa gaulnya, Resort and Waterpark. Kampung Turis berlokasi di Kp. Parakan, desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru-Loji, kab Karawang, Jawa barat. Jadi ceritanya, minggu pagi itu rencananya kami sekeluarga mau ke curug Cigentis. Di daerah Loji juga. Tapi berhubung pagi itu, saat mau berangkat mobil ngambek jadilah kami nunggu mobil pulang dari bengkel. Pulang dari bengkel sudah jam 11 siang. Kalau nggak jadi berangkat rasanya galau banget, kalau berangkat sepertinya tidak memungkinkan karena perjalanan dari rumah ke Loji saja sudah 2 jam. Kalau mau nekat ke curu